ABOUT AYDA

ASIA YOUNG DESIGNER AWARD

Nippon Paint memiliki komitmen untuk memicu kreativitas dan mendorong inovasi di kalangan mahasiswa sembari membimbing pengembangan profesionalisme mereka. Demi mewujudkan visi tersebut, maka dibentuklah sebuah platform pembelajaran bagi para desainer muda di Asia, yaitu Asia Young Designer Award atau AYDA. Panggung AYDA diperuntukkan bagi mahasiswa Arsitektur dan Desain interior yang siap akan tantangan serta berani menetapkan standar baru pada industri Arsitektur dan Desain Interior!

2008 Asia Young Designer Award (AYDA) pertama kali diluncurkan di Malaysia dengan nama Nippon Paint Young Designer Award (NPYDA).
2011 NPYDA berkembang menjadi kompetisi regional dengan melibatkan keikutsertaan Malaysia, Singapura, Thailand, dan Vietnam.
2012 NPYDA untuk kategori Arsitektur pertama kali diselenggarakan di Indonesia dengan skala Jawa Timur.
2013 NPYDA Indonesia meluas ke skala nasional dan dibukanya kategori Desain Interior.
2016 NPYDA bertransformasi menjadi AYDA untuk menunjukkan skala kompetisi yang sudah meluas ke kawasan Asia.

Sampai dengan saat ini, AYDA berhasil melibatkan keikutsertaan 15 negara di Asia, yaitu Bangladesh, Cina, Filipina, Hong Kong, India, Indonesia, Iran, Jepang, Malaysia, Pakistan, Singapura, Sri Lanka, Taiwan, Thailand, dan Vietnam.

Highlights of AYDA

1. COACHING SESSION

– Sesi pembimbingan dan pelatihan secara personal oleh dewan juri kepada 5 finalis AYDA dari setiap kategori.
– Kesempatan untuk memperoleh wawasan industri serta membuka jaringan dengan Arsitek dan Desainer Interior terbaik di Indonesia.

2. GRAND FINAL PRESENTATION

– Ajang kompetisi AYDA tingkat nasional, dimana 5 finalis AYDA dari setiap kategori mempresentasikan ide desainnya ke hadapan dewan juri.
– 2 Gold Winner terpilih dari kategori Arsitektur dan Desain Interior akan menjadi perwakilan Indonesia pada kompetisi AYDA tingkat Asia.

3. REGIONAL LEARNING PROGRAM
– Program pembelajaran di salah satu negara yang berpartisipasi di AYDA dan diperuntukkan bagi seluruh Gold Winner. Kegiatannya antara lain:

  • Coaching Session kepada Gold Winner dari setiap negara oleh Arsitek,
    Desainer Interior, serta asosiasi desain terkemuka di Asia.
  • Ajang kompetisi regional untuk memperebutkan ‘Asia Young Designer of
    the Year Award’.
  • Sesi seminar oleh Arsitek dan Desainer Interior terkemuka di Asia.
  • Study tour ke objek wisata arsitektur.

– Kesempatan untuk memperoleh wawasan industri serta membuka jaringan dengan sesama desainer muda, Arsitek, Desainer Interior, dan Asosiasi Desain terbaik di Asia.